Our journey

Daisypath Anniversary tickers

Hello World!!

Lilypie First Birthday tickers

Monday, April 27, 2009

Si Narsis Mencari "Tukang Topeng"

Hahahaha...yup! Gw narsis??Nape mang? Ga masalah kan buat lo?? hihihihi.. Waktu gw kecil, gw punya meja belajar yang seberangan ma meja rias. Ahoiii...alhasil gw belajarnya di depan meja rias dong...klo bosen, nyanyi-nyanyi ndiri, karena ada radio juga disamping itu meja rias. Huhuhu..sering mama ku menemukan anaknya ini ga belajar tapi melakukan hal-hal tak penting seperti tersebut di atas, ato lebih parah lagi, hmmm..bikin rambutnya model macem-macem. Kuncir sana, kepang sini dsbnya..Sayang..hasil tersebut ga bakalan bertahan lama di rambutku. Hikss...FYI, rambut aku lurus banget dan licin teksturnya...hmmm.....susyahh

Karena ke-"Narsis"-an ini pula, aku terkenal suka ngaca di kantor..ha ha ha. Salah siapa yaa...punya lift kok isinya kaca semua..uhuiii..kok disia-siain, kan bisa buat liat penampilan toh?hihihi. Tempat dinas aku, kubikel kecil ituh, juga punya kaca.. he he..dapet oleh-oleh dari orang juga kaca bok! Susyee yahh klo dah terkenal narsisnya..ha ha ha..sayang..souvenir nikah aku ga mau ambil kaca... (hi hi ga tau ya nti klo dah kepepet).

Narsis = peduli penampilan = Ohh enggak banget deh pa lagi klo pas aku jadi pengantin, hmmm..riasan harus okeh. Seperti yang dibilang di sini, aku mau pake riasan adat Jawa - Jogja, untuk akad nikah pake Jogja Putri, sedangkan untuk resepsi pake Jogja Paes Ageng (bisa Jangan Menir, Jangan Menir Modifikasi, Paes Ageng Kanigaran ato Paes Agengnya sendiri - dodotan). Hmmm...riasan pengantin adat Jawa-Jogja, buat gw rada tricky. Sering gw melihat orang di dandanin pake adat Jogja, trus jadi aneh mukanya, hmmm..bukan ga cocok, tapi bikin paesnya rada aneh bok! NTah mengapa yaa...si Mama pun mengakui klo rias adat Jogja itu lebih susah buatnya...karena pengantin ga pake sunggar!

Karena sudah memantapkan diri pake riasan adat Jogja (biar adil lah yaa..Mama I'i kan dari Jogja, Bapakku dari Jogja) maka aku survey ke beberapa tempat "Tukang Topeng"/perias pengantin di Jakarta. Browsing dibantu OM Google juga menghasilkan banyak sekali nama-nama perias pengantin (oke..sebut ini aja yaa) yang ternyata beken juga di WK. Bu Kiky Kamaratih, Bu Iie Hias Rias, Sanggar Liza, Novi Arimuko Bu Adji, Bu Tien Santoso dan Bu Tinuk Riefki. Hmm..Perias yang sebenarnya aku sreg kok malah cm dikit ya dibahas di semua tempat.. (Syapakah ituu?? - tunggu di bawah!)

Pertama kali aku sama si mas pergi ke sanggar Anggono Sari, milik Bu Adji. Bu Adji ini dulu ngerias kakak sepupu gw pas tahun 1995. Halahh..jauh banget yaa...Bentar..Bentar..Ada alsan dibaliknya, kenapa gw langsung cari ke Bu Adji. Mama dan Bapak, 2 orang yang masih sangat pegang pakem Jawa. Perias Pengantin buat mereka bukan cuma merias pengantin, tapi lebih ke pembimbing spiritual juga untuk sang calon pengantin. Duluuu mereka disebutnya adalah Dukun Manten karena sebelum merias pengantin, biasanya mereka harus menjalani beberapa "laku", seperti berpuasa dan lain-lainnya. Ada juga syarat bahwa mereka harus sudah mantu dan kalo merias harus tetap pake jarik dan kebaya serta sanggul, setelah merias, terserah deh yaaa..tapi selama merias, hmm...mereka harus melakukan hal-hal yang tersebut di atas.

Okehh ini dia alamat dulu dari Sanggar Bu Adji

Sanggar Anggonosari
Jl. Ciomas IV/18, Jakarta Selatan.
CP. Mbak Watie (putri Bu Adji yg membantu beliau dalam merias)


Liat dan liat..hmmm...masih sama seperti dulu, he he he.. baju pager ayu yg dulu aku pake juga masih ada disana.. hihihi. Liat dan liat lagii..akhirnya sampai ke pembahasan harga. Yaa berhubung acara aku 3 hari, aku dapet harga 10 juta untuk (siraman-midodareni, rias akad Jogja Putri dan rias resepsi Paes Ageng). Mahal???Hmmm...alasannya karena pake rias Jogja yg pake emas-emas prada dan juga lebih rumit pengerjaannya. Okehh...bawa perincian harganya buat nanti diskusi sama mama dan mas lagi di rumah. Bapak?? Hmm...pasti nurut ajah. hihihi

Selanjutnya, suatu saat pergi sama Mama I'i dan Mas-ku, hmm..pulangnya mampir ke Nunuk Salon . Salon ini langganan Mama I'i dari muda dan juga Mas-ku sudah sangat familiar. Hmm..tapi ada sedikit kelucuan pas di Nunuk Salon. Waktu aku tanya, mbak mo tanya rias pengantin adat Jogja dong..price list sama fotonya. Mereka langsung heboh nyariin, maklum, satu salon kenal semua sama camerku. Hihihi..Nahh pas mereka kasih unjuk itu fotonya, hmm..trus gw bengong?? Hahh?? rias Jogja kok gini? Hihihi...Sodara-Sodara, bukan salah Bunda mengandung yaa..sekarang ini orang-orang jarang kan yaa yg mau resepsi pake paesan, sementara mak bapak ku sangat "kuno" dalam hal ini. Foto yg ditunjukkin ke aku itu pengantin modern yang pake baju Jogja - cowoknya pake surjan dan blangkon Jogja, sedangkan ceweknya pake kebaya dengan riasan modern. Hmm..tapi berhubung ada Mami I'i, jaim dong yahh..he he he. Bilang lagi ke mbaknya..hmm mbak ada yg riasnya pake paesan ga? Ehh si mbak-mbaknya disitu semua bilang ohh mau yang bener-bener tradisional ya mbak?? Ohh ada itu..kirain pengen pake yang modern..Hihihi..abis itu liat-liat dan sukses bawa pulang price list dr Nunuk Salon. Yang jelas, semua tukang rias pasti akan kasih extra charge untuk rias adat Jogja. Pyuhh.. Komentar, hmm..okee, sayang kayaknya bukan dukun manten. hihi..harus ketemu dulu sama Tante Nunuk, tapi Mama I'i kayaknya sungkan klo blon jadi dah mo tanya2, pdhal kan..hmm..gpp yaa??Buat yang berminat, ini alamatnya..

Nunuk Salon & Busana
Jl. Mampang Prapatan VI/53
Jakarta Selatan
Phone : (021) 794 1143

Perburuan "Tukang Topeng" masih berlanjut! Kali ini kita pergi ke perias pengantin yang dipake sama anaknya teman Mama 6 tahun yang lalu dan juga yang direkomendasiin sama kakak dan kakak iparku. Beliau namanya Bu Tari. Aha..ini dia...Sebenarnya memang daku sudah pengen sekali pake Bu Tari, tapii katanya harga beliau agak di atas. hmm..karena itulah aku melakukan survey dulu ke beberapa tempat lain untuk survey harga. Jreng! Sampe di tempat Bu Tari, ahh ntah knp kok langsung sreg yaa..bagus, enak, dan Bu Tari juga ramah. Hmm..sebenarnya ke tempat Bu Tari itu ga cuma sekali kok, hahaha..sampe 2x, yang pertama ke rumah Beliau tapi lagi pergi ke Jogja. Okehh..kita tulipun itu handphonenya...pas ditulipun, katanya hmmm..si Ibu bisa ditemui setiap hari sabtu di rumahnya...ayuuhhh. Akhirnya Sabtu kapan yaa??di bulan Januari lahh kita ke rumah Bu Tari.

Nunggu 1 orang, trus Bu Tari siap buat ketemu ma kita (Mama, Aku sama Mas). Ngobrol dan ngobrol antara Mama, trus kita dapet price list. Ternyata saudara Bu Tari ada juga yang temannya Mama. Ahuiii...dunia sempit bok! Liat album riasnya si Mas terkesima gitu, dia bilang.. ada orang yg bohaii..tapi sama sekali terlihat cantik. Mama?? Komentar, bagus-bagus yaa... Okehh pesan tanggal di Bu Tari, sementara, waktu itu blon dapet tanggal pasti, tapi apapun yang terjadi kita sudah booking tanggal! ha ha ha.

Sampe rumah. diskusi sama mama dan mas! Kayaknya mama sudah bisa mencium bau busuk bahwa saya ingin didandani oleh Bu Tari! ha ha ha..tapi bok..mang harganya oke, tapiii yaa emang juga bagus banget hasilnyaa...hikss..mamahhh, massss...mengertilah apa pintaku... (lebay!). Liat liat hasil foto mbak sepupuku yg pake bu Adji, trus bandingin sama hasil survey kita ke Bu Tari, ahh dihitung-dihitung, berapa total jendral yang akan dikeluarkan jika pake Bu Tari dan Bu Adji, dibandingkan dan...hikss..ada beda 7 jeti bok! Huaaaaaaaaaa...

Untung..punya Mama dan Mas yang sepertinya sudah mengerti, Diamku = Inginku (kali ini) he he he..Aku ingin pake Bu Tari Mam...tapi ga bilang-bilang kenceng *soalnya di rumah kan tanggung jawab Mama & Papa, hikss..jadi ga enak mintanya. Hmmphhh..sudah sudah akhirnya DIPUTUSKAN! Perias Pengantin (psssttt..disini dah bukan Tukang Topeng yaa, kan dah ketemu yang cucok..hehehe..nti klo dibilang Tukang Topeng, pamali, nti klo beneran kaya Topeng..huhu..aku nangin bombaiii) yang akan dipake di acara pernikahan Mas & Nde adalah


Sanggar Sri Renggo Sadono (CP. Ibu Tari Donolobo) - perias pengantin
Jl. Rancho Indah 66 Rt 08/02
Tanjung Barat, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7828785, Flexi (021) 7120744, HP 08158902698

Jl. Damai Musyawarah no. 47, Rt 02/03 (CP. Ibu Sis) - sewa baju among tamu, dekorasi dll
Pondok Labu, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7657314


------------------------------------------------------------------------------------------------

Satu Vendor Selesai! Aku dapet perias pengantin ku! Semoga jadi manglingi dan tetap terlihat cantik yaaa..AMin3x.

2 comments:

  1. Hi Nde..

    Aku lagi googling soal venue resepsi di Depsos.. insyaAllah aku mau menikah disana 2010.. pas ketemu blog kamu, aku baca2 postingan kamu.. menarik banget.. eh pas liyat postingan yg ini, ternyata kamu pake adat Jawa juga ya.. klop deh, kebetulan aku juga emang mau pake adat Jawa (rias payes jg).. boleh Japri ga soal harga rias pengantin.. trus sama vendor dekorasi.. aku blom dapet option sama sekali nih..

    Klo boleh, japri ke emailku yah yang aku leave di comment shoutbox kamu.. :)

    Thanks and regards,
    Fitria

    ReplyDelete
  2. hai hai,,salam kenall
    nyasar kesini gara2 searching nunuk salon nih,,
    soale ak jadi pake nunuk salon,,hehehe

    ReplyDelete