Our journey

Daisypath Anniversary tickers

Hello World!!

Lilypie First Birthday tickers

Saturday, July 4, 2009

Hormat untuk kedua orang tua

Kalo ada orang bertanya, kenapa gw mau pake adat jawa tradisional?? Jawabnya aku ingin melestarikan budaya aku sendiri dan juga membahagiakan orang tua.

Kalo dibilang pernikahan adat jawa tradisional itu mahal, maka jawab aku tergantung. Tergantung kamu pake vendor apa dan bagaimana kamu menahan diri untuk tidak menambah-nambahi dengan alasan sekali seumur hidup.

Jika ditanya kenapa selalu manut sama orang tua tentang konsep pernikahan? Makaa dengan spontan aku menjawab, "aku si anak nakal..mungkin paling nakal, paling menyusahkan, tapi juga alhamdulillah selalu ada kelebihan-kelebihanku yang menutupi itu semua. Aku ingin menikah dengan keikhlasan yang sangat dari kedua orang tuaku." Tohh yaa..nanti setelah aku menikah, maka aku akan mengikuti suami aku.

Dan seorang teman pernah berkata, ahh cuek ajaa....merengek ajaa sama orang tua biar boleh ditambahin ini dan itu, supaya pestanya semakin bagus dan terkesan. "Ahaaiii..biar jadul, mereka tetap orang tua kita. Pesta bagus ato tidak, berkesan ato tidak, itu jujurnya tergantung kita sendiri". Aku sendiri alhamdulillah bahwa si bapak sudah mau membolehkan aku menikah dengan seseorang yang aku mau. Aku menghormati si bapak yang sudah membesarkan aku dan mendidik aku hingga seperti ini. Aku juga menghormati si mama dengan segala kecerewetannya. Alhamdulillah..sekarang semakin terlihat, like mother like daughter...cerewetnya menular sekali ke aku. Tanpa mama, aku gak mungkin hadir di dunia ini.. Tanpa mama yang kuat, mungkin aku juga gak bisa cerita apa-apa disini.

Mungkin buat sebagian orang salah untuk membahagiakan kedua orang tua..Tapi aku sering kali berpikir, jika memang semua itu masih dalam batasan yang bisa ditoleransi, kenapa kita tidak mencoba membahagiakan mereka. Aku yakin aku akan selalu rindu teriakan mama yang ngingetin aku buat makan, Aku bakalan kangen sama ketokan/telpon bapak ke hp aku buat mbangunin aku klo lagi capek. Semua itu aku yakin gak akan aku dapetin kalo aku sudah berkeluarga nanti. Bapak akan tetap ngetok, tapi juga gak akan ngetok sembarangan. Mama juga akan teriak, tapi pasti gak seheboh waktu aku belum menikah.

Mellowww...iyaahh..lagi melloww..mendadak nangis waktu nulis ini. Kangen bapak dan kangen mama. Dan tiba-tiba sadar, cuma punya waktu kurang lebih 4 bulan untuk selalu bisa kumpul bareng mereka. Setelah itu, Insya Allah keluarga besar aku ketambahan satu orang lagi.. yaitu si Mas, keluarga si Mas juga akan ketambahan anggota keluarga lagi..yaitu aku. Gak bisa gelendotan lagi sama si bapak..Ahh kayaknya baru beberapa (puluhhh -hehehe..ngeri kan dengernyaa?? hihi-) tahun kemarin aku dijemput bapak pulang sekolah. Trus ditanyain gimana sekolahnya selama perjalanan pulang dan diinterogasi gimana tadi ulangannya. Sampe di rumah, mama dah masak dan bertiga makan siang bareng. Waktu makan siang abis, bapak balik ke kantor dan aku nemenin mama njemput adekku. Kayaknya masih kebayang juga kalo aku selalu digendong sama bapak, trus ngasih bau pasta gigi setiap bangun pagi setelah bangun tidur dan gosok gigi. Sampe gede pun, istilahnya aku masih suka manja sama Mama dan Bapak. Kalo males ke kantor bawa mobil, naik angkot ato mang gak ada tebengan, biasanya langsung main mata (Twink..twinkk..) sama si Bapak, dann doi langsung mandi dan antar aku ke kantor. Kalo mama, seperti biasa...selalu setia mengabarkan jadwal diskon sepatu/sandal, mbawain aku baju model aneh-aneh yang selalu aja kembar ma adek gw (duhhh!!) dan juga selalu setia masakin aku oseng-oseng oncom leunca..yammm...enak maa...kadang-kadang aku abisin lagi..hihihi..Maruk dot com.

Bapak..Mama...jujur banget, mbak gak tau bisa mbalas apa sama jasa-jasamu. Bapak dengan gayanya menyadarkan bahwa hidup masih panjang, jangan selalu hura-hura, sempatkan untuk menabung. Tapi di satu sisi, aku selalu ingat, apapun yang aku minta, dia selalu berusaha untuk memenuhinya. Aku bahagia karena aku berhasil memberinya hadiah ulang tahun terindah di tahun 2008. Wisuda S2 aku yang tertunda bertahun-tahun...walaupun bayarannya juga cukup mahal. Bapak kecapekan dan terkena serangan jantung. Mama juga akhirnya bisa tersenyum gembira melihat aku berhasil wisuda. Mama yang selalu mengajarkan aku untuk tidak jajan, untuk selalu bangun pagi dan turun ke dapur setiap liburan. Maa..ajaranmu sangat terasa sekali ketika aku jauh disini. Ketika aku harus mengelola semuanya sendiri, gak bisa minta tambahan uang ato juga mendapatkan makanan buatanmu waktu aku sakit.

Mama dan Bapak...semoga kalian berdua selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga juga selalu bahagia selamanya dan juga bisa tetap menyaksikan semua anak-anaknya memberikan cucu. Amin3x. Sekarang aja aku sudah bercucuran air mata...gak kebayang deh nanti kalo harus minta ijin ke kedua orang tua, dan minta Bapak menikahkan pas akad nikah nanti. Bismillahh..semoga semuanya lancar. Amin.

5 comments:

  1. Nice writing, jadi terharu..Salam kenal yah..Aku capeng juga. Sekalian aku link blog-nya ya, tengkyu..tetep semangat...

    ReplyDelete
  2. me like this! the same goes to me. :) i ven call my dad bapak and my mom mama heheheheh

    ReplyDelete
  3. @azka : lam kenal juga...aku link juga ya blog-nya..sama-sama semangat, semoga lancar yaa...Amin

    @nita: iyaa..ntah kenapaa..lidah berselera duo ini menurun ke anaknya kakak gw pula. hihihi..enak aja gitu manggil bapak dan mama.

    ReplyDelete
  4. aku baca ini terharuuuu...huhhu....

    ReplyDelete
  5. feeling the same here lan..
    kaya'nya makin mellow makin deket hari H niy.. sedih aja bawaannya kalo inget yg dulu2 (apalagi bandel2nya ya, hehe..).
    Alhamdulillah udah mau pulang ya lan.. Bisa puas2in habisin waktu sama Mama dan Bapak.. :)

    ReplyDelete