Our journey

Daisypath Anniversary tickers

Hello World!!

Lilypie First Birthday tickers

Friday, July 10, 2009

La Mellow La Diam

Baru aja sadar, kenapa bisa posting cerita melodi memori inihh...Ternyata baru sadar bahwa total jenderal hidupku selama 14 tahun 'ku tempuh seorang diri, tanpa kehadiran si Mama dan si Bapak. aihh aihh..syapa suruh yaa umur 13 tahun sudah merantau, jauh dari orang tua. Sekolah SMP sendirian di kota metropolitan, sementara si Mama, Bapak dan adikku tercinta melanglang buana ke kota lain di timur pulau Jawa. Ceritanya sih cuma gara-gara menghindari pelajaran bahasa Jawa ajaa..hihihi.. Trus dengan lantang si anak kecil pemberani itu bilang ke Bapaknya, "Pokoknya aku mau ngelanjutin SMP sampai lulus di Jakarta aja! Mau kost!". Ciatttt... si Bapak sama Mama langsung kelimpungan, hihihi..untung ada bude aku yang rumahnya dekat ma si SMP aku, jadilah aku numpang hidup di tempat beliau. Tapi ya tetap tapii..biarpun di rumah bude, beliau menganut aliran yang lumayan bebas, tak peduli lah..mau pergi pagi pulang malam pun tak apa, asal pulang dan kasih kabar. Uhuiii...jadilahh..saya bak kuda lepas dari kandangnya..(ahh gak gitu-gitu amat siyy benernyaa..hihihi.. cuma senang aja bisa pergi bebas, gak usah nunggu dianter ato dijemput hahaha).

Rencana awalnya, daku hanya merantau seorang diri satu tahun saja. Setelah lulus SMP, akan menyusul sang kakak yang sudah duluan merantau di kota pelajar Yogyakarta. Tapi oh ternyata tapinyaa...aku terbujuk oleh rayuan teman-teman tentang "Sekolah Negeri Unggulan". Terutama waktu itu gengsi sama pacar (sekarang mantan yaaa!! aihh SMP kelas 3 dah pacaran..hihi) yang akhirnya tak jadi masuk sekolah unggulan itu karena memang tak mampu (NEM-nya). Weittss..kalo aku masuk, okeh dong yaaahh..Ehemm..akhirnya si ABG itu bilang lagi ke Mama dan Bapaknya "Aku mau sekolah di Jakarta, di 'Sekolah Negeri Unggulan' ituu..". Mereka bilang, "Tapi coba sekolah swasta di Yogya/Jakarta yaa..biar ada cadangan..masak daftarnya cuma satu sekolah doang, nanti kalo ndak lolos piyee??". Si ABG nekat bilang "Lahh mangkanya, jangan didoain gak masuk dong, harus masuk!! Kalo nanti gak masuk ya udah, liat nanti ajaa, gak sekolah 1 tahun juga gak apa-apa". Jressss!!! (bak ditusuk-tusuk pisau kali yaa perasaan orang tua gw waktu itu). Yang jelas panik lah mereka...sambil berdoa (komat-kamit khusyuk), sambil mengutus orang lain untuk membujuk aku..Hasilnyaa?? Jelas tak mempan..aku tetap maju terus pantang mundur dengan satu pilihan SMA Negeri Unggulan di bilangan Jakarta Selatan. Makin jelas komat-kamit doa mereka tampaknya. Alhamdulillahnya aku diterima..

Setelah menjalani SMA, cita-cita aku jadi dokter! Makk..itu pelajaran Biologi yaa..gape bener (maaph bukan somse yee hihihi)..mpe gw kuliah aja masih tuh jd tentor buat adek gw yang masih SMA. Tapi nih..tapi ada tapinya...buat urusan kuliah, si Bapak gak mau tuh kalo anak ABG nekatnya bener-bener nekat hanya bergantung pada jurusan kedokteran. Dianjurkanlah anaknya ini untuk mengambil jurusan IPC (gabungan IPA & IPS) di UMPTN. Waktu memilih-milih jurusan, didampingin sama Bapak. Beliau menyarankan bahwa mencari jurusan itu kalo bisa yang nantinya aku bisa kerja dari rumah. Bapak itu tetap rajin menyadarkan bahwa kodrat aku adalah wanita. Jadiii..boleh kerja, tapi suatu saat kalo duty call (baca: tugas merawat anak dan suami) itu datang, aku masih tetap bisa beraktivitas. Maka dianjurkanlah beberapa jurusan termasuk Akuntansi. Yehiii..bingung kan nyari strategi UMPTN yang canggih biar tembus. Kalo semua milih jurusan favorit di Universitas favorit pasti kemungkinan masuk kan agak kecil, maka kita waktu itu mencari universitas-universitas yang OK tapi kadang-kadang suka terlupakan (hahaha).. Bapak menyarankan aku untuk ambil jurusan itu di sebuah universitas negeri di daerah Jawa Tengah. Ntah kenapa, tiba-tiba I say "Yes Dad, ke sana aja deh, sekalian nemenin eyang!". Padahal yaa..eyang aku udah meninggal tapi emang dimakamkan di kota itu. Hihihihi..gak jelas kan??? Yokiii dokiii.....kalo kata si Mama, aku mang cucu kesayangan Eyang. Huhuhu..miss you eyang..

Singkat cerita, terdamparlah saya di kota tersebut, karena diterima di Universitas Negeri itu, yang ternyata memang memberikan jodoh itu...xixixixi. Lima tahun bukan waktu yang singkat, banyak cerita dan yang jelas aku pisah dari Bapak, Mama dan kakak adikku. Sudah lulus, berangan-angan segera pulang ke kota Metropolitan, ehh tak disangka dan dinyana, aku harus nyangsang dulu di kota Gudeg untuk menemani adik tercinta aku kuliah. Wehh..aku juga kuliah lagi..(sekolah lagiiii???? gitu aja pertanyaan orang-orang ke gw....hahahaha). Pisah lagi 4 tahun sama si Bapak dan Mama...Setelah lulus, alhamdulillah pekerjaan sudah menanti. Akhirnyaaa....bisa juga ya tinggal serumah sama Bapak dan Mama. Tapi pertama-tama rasanya aneh..aje gile kan...12 tahun hidup tanpa mereka. Hanya kadang-kadang aja gitu lho mereka dateng berkunjung, sekarang liat mereka tiap hari (Alhamdulillah...) dan juga harus taat aturan rumah!! Ahahahaha...yang jelas si Badung ini tetap pada pendiriannya, yang penting pintar-pintar jaga diri..xixixi.. Bapak pun mengalah, diberinya si Badung kunci cadangan rumah (yeeyyy...bisa pulang tanpa harus ditungguin pake mata melotot!). Pertamanya sih gara-gara beberapa kali kerjaan aku menuntut untuk stay di kantor sampe Subuh saja!

Mungkin memang Allah SWT menuntut aku untuk menjadi seorang yang sangat kuat (Insya Allah...). Kalau dulu 12 tahun pisah dari orang tua hanya berjarak rel kereta dan gunung saja, kali ini aku harus melewati ujian berpisah dari orang tua dengan jarak lautan luas. Pindah benua!! Alhamdulillah dapet beasiswa untuk kuliah (lagiii!!!) hihihi..di benua lain. Teman-teman semuanya sudah pada protes, tapi aku tetap nekat.. Argghhh Dua Tahun itu menjadi tahun-tahun yang cukup merusak dan menyiksa emosi jiwa. Kangen keponakan-keponakan lucu...dan tiba-tiba yaa..Kangen Mama! Hiksss...Gak pernah-pernah lho dulu waktu jaman pisah di Indonesia, aku berasa kangen banget sama Mama. Tapiii pindah ke sini, bener-bener deh beda. Rasa kangennya bener-bener gak bisa ditahan! Pengennya pulang ato telponnn ajaaa! Sampai pernah suatu hari Bapak bilang, daripada telpon-telpon aja pulang deh kamu mendingan! Ahahahaha...ketauan belangnya sama doi deh! xixixixi..Cobaan juga gak berhenti sampai di situ, sewaktu aku pulang dan memberi hadiah ulang tahun terindah buat Bapak, beliau kena serangan jantung karena kecapekan. And you know whattt??? Serangannya terjadi waktu beliau nganter aku ke Bandara untuk pulang lagi ke benua lain menyelesaikan sekolah aku. Hebattt!!! orang rumah sepakat semua gak ada yang ngasih tau aku!! Panikii..panikka...waktu tau!! Huhuhu..pengen nangisssss berat waktu ituu..Udah gak semangat untuk ngapa-ngapain, cuma pengen pulang njagain Bapak! Tapi apa daya, semester dah mulai juga! Hidupku tak pernah rasanya penuh banget dengan rasa khawatir. Mana Bapak juga orangnya gak bisa dilarang sama Mama, atau kakak aku. Huhhh...yang gini-gini nihh..aduhaaiii banget rasanya. Jadi deh si Mama nyerahin semuanya sama aku buat bilang sama Bapak boleh ato enggak. Tentunya gak bilang secara langsung "Bapak gak boleh Begini!". Biasanya aku bilang.."Atung jangan nakal yaaa! Kalo nakal malu sama cucunya, udah dua lhoo..xixixi..", abis ituu biasanya langsung dehh edisi curhat versi doii yang kesal karena dilarang-larang sama Mama. Hahahaha.. Kalo adek aku biasanya dipake sebagai tambahan tameng! hihihi..kalo aku dah gak mempan banget, kita kirim utusan kecil itu buat bilang sama Bapak, "Gak Boleh!", biasanya sih tameng terakhir rada mempan, soalnya Bapak juga rada jiper ma tuh anak kecil satu. Tapi berhubung mereka berdua sama-sama ngeyel-an jadi yaa..emang paling mujarab si kecil ditaruh sebagai senjata terakhir. Emang aku sama Bapak dekat banget, tapi Bapak gak hanya dekat sama aku, beliau juga dekat sama adik cewek aku. Mangkanya aku suka cerewet ma adik cewek aku "Kamu harus segera mandiri!!".

Pulang-pergi antar benua dan negara pun 'ku jalani 2 kali selama dua tahun. Omongan teman-teman semua miring deh soal aku. Permasalahannya cuma karena aku gak kerja dan aku selalu pulang ke Indonesia setiap libur panjang. Masya Allahh...gimana aku bisa kerja, tiap kali bikin tugas juga masih menata hati...pengen bangettt untuk pulang, ngeliat Bapak, apa beliau sehat atau enggak. Saat yang bersamaan pun, kami masih diuji, jari kaki Mama pun patah. Kaki Mama harus dipasang gips. Oh My God! Insya Allah aku kuat...aku mohon bener-bener kuatkan aku..! Waktu aku pergi sekolah di antar benua dan negara, saat itu juga rumah kosong. Kakak aku berhasil memboyong keluarganya ke rumah impian mereka di belahan Barat Jakarta. Adik aku pun harus pindah karena alhamdulillah dia dapat kerja di daerah dekat rumah kakak aku. Demi mengirit ongkos pun, akhirnya dia pindah! Arggghhhhh...Bapak dan Mama sakit dan hanya berduaan aja di rumah!!! Mau nangiss..pengen pulang...pengen nemenin, pengen nyupirin mereka, pengen masakin mereka.. Badan aku boleh lah ada di negara ini, tapi aslii pikiran aku ada di tanah air! Bahkan dateng ke ultah seorang Bapak pun, waktu nyanyi Happy Birthday aku langsung gak kuat..OMG! aku kan bukan anak cengeng..tapi kenapaa yaa kali ini?? Ihh gilaaa... aku gak bisa ngebayangin lagiii dehh.. Udah pasrah aja menjalani sambil terus berdoa yang terbaik... Ternyata uang, ilmu yang tinggi dan semua hal-hal duniawi lain gak bisa ngalahin pentingnya orang tua! Banyak uang tapi gak bisa membuat orang tua bahagia juga gak ada guna. Punya ilmu tinggi juga gak ada bagusnya kalo orang tua kita sakit!

Alhamdulillah bentar lagi pulang...dan masih punya waktu 4 bulan untuk kumpul sama mereka. Insya Allah aku beneran akan manfaatin waktu 4 bulan itu untuk mengurus mereka. Dulu..kalo aku sakit, mereka selalu ngurus aku dengan hati-hati, karena memang aku adalah si "besar" yang gampang sakit! Makanya mellow banget waktu tau mereka berdua sakit dan juga aku jauh disini. Hikmahnya mungkin..Tuhan ingin menjadikan aku lebih kuat dan harus kuat, serta juga bisa lebih bertanggung jawab atas segala pilihan yang sudah aku tetapkan. Insya Allah kali ini mo kasih hadiah ulang tahun buat Mama. Pulang di hari ulang tahun Mama.. Miss you Ma, Pak! See you in 5 days!

No comments:

Post a Comment